Minggu, 24 Oktober 2010


 BLACKBERRY  STROM
 

Desain

      Dari segi desain bisa dibilang bahwa sebagian besar dari BB Storm yg terlihat adalah bagian layarnya yaitu touchscreen dengan ukuran 3.25-inch (resolusi 480 x 360) dengan bahan silver bezel & high gloss yg melapisi bagian samping.
      Dibagian bawah layar adalah 4 BB Keys yg sudah familiar yaitu tombol phone, menu, back, dan end/power. Terletak di sebelah kiri adalah convenience key dan colokan micro USB port, dan disebelah kanan yaitu convenience key tambahan, volume, dan 3.5mm headphone jack. Dibagian belakang, cover baterai terbuat dari bahan brushed aluminum solid, dan kamera + flash terletak di bagian atas penutup baterai.
Secara garis besar konstruksi hardware dan komponen2nya terlihat lebih berkualitas dibandingkan dengan produk2 BB pendahulunya.

Touchscreen
      Yang menjadi pusat perhatian utama dalam penggunaan BB tipe ini tentu adalah touchscreennya (65,000 warna) yg menurut pembuatnya merupakan touchscreen inovatif yg mereka namai SurePress teknologi.
Yang dimaksud dengan SurePress disini adalah layar dapat kita tekan sehingga membuat pengguna merasa seperti mengklik mouse button pada saat memilih suatu menu. Tujuan dari teknologi SurePress ini adalah agar kita dapat "hover" diatas tombol2 yg ditampilkan tanpa menggerakkan atau memilih suatu aplikasi atau komponen yg terdapat didalam BB & dengan adanya perasaan mengklik tombol, membuat pengguna lebih pasti dalam melakukan suatu proses.
      Sedangkan pada waktu mengetik apabila BB Storm di gunakan pada posisi miring maka akan menampilkan keyboard QWERTY seperti yg umum digunakan pada komputer PC & apabila kita mengetik dalam posisi normal (portrait view) maka akan muncul 3 pilihan tipe mengetik yaitu mode : FullKeyboard, SureType & Multitap.
Warna yg ditampilkan oleh layar sangat bagus (tajam dan jernih), memiliki contrast yg solid & tidak memuat mata sakit meskipun di setting dengan brightness yg paling penuh.

Software
      Menu dalam BB Storm bisa dibilang sama dengan BB tipe lainnya. BB ini memiliki dua tampilan menu aplikasi, yaitu landing screen utama yg menampilkan 8 icon aplikasi pilihan user dan tampilan keseluruhan aplikasi dan folder yg tersedia. Pada pilihan tampilan keseluruhan kita dapat melakukan scroll ke atas dan kebawah dengan menggunakan gerakan jari ke atas/ke bawah.
      Browser pd Storm sendiri sudah mengalami pengembangan dari versi sebelumnya sehingga membuat loading, dll menjadi lebih cepat & stabil, apalagi dengan tersedianya pilihan GPRS, EDGE sampai dengan 3G di BB Storm.
      Untuk masalah sms dan email bisa dibilang BB tetap unggul dibandingkan jenis mobile phone lainnya. Webbased email yg didukung antara lain : (Windows Live™, Gmail®, Yahoo!® Mail and AOL® Mail), Microsoft® Outlook® Web Access, Microsoft® Exchange, IBM® Lotus® Domino®, Novell® GroupWise® + messaging services seperti : Windows Live™ Messenger, Yahoo® Messenger, AOL® Instant Messenger® dan ICQ®.
      Bagi kalangan bisnis BB Storm menyediakan juga aplikasi Microsoft Word, Excel dan Powerpoint didalamnya sehingga kita dapat mengedit & membuka dokumen2 penting kita kapan saja dan dimana saja.

Format Video & Audio yg didukung
  • video format : MPEG4 H.263, MPEG4 Part 2 Simple Profile, H.264 (encoding and decoding 30fps), WMV
  •  audio format : MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, WMA ProPlus.
(3.5mm stereo headset capable) dan dapat menggunakan Bluetooth headphones atau speaker untuk menikmati lagu secara wireless (mensupport Bluetooth v2.0; Mono/Stereo Headset, Handsfree, Phone Book Access Profile (PBAP), dan Serial Port Profile).

Kamera / GPS / Daya tahan baterai
  • Kualitas foto di BB ini sangat baik dengan tersedianya resolusi 3.2-megapixel + fitur flash & autofocus. Selain bisa mengambil foto kita juga dapat mengambil video dengan resolusi 320x240.
  •  Untuk GPS, signal dan tracking bisa dibilang sangat baik tapi ini juga bergantung pada lokasi kita & provider yg dipergunakan.  
  •  Baterai pada BB Storm bisa dibilang cukup tahan lama, karena dapat bertahan untuk jangka waktu yg cukup lama meskipun BB sering digunakan untuk browsing, membuka media player ataupun untuk menelpon. Pada saat melakukan charging maka Storm akan masuk kedalam mode penunjuk waktu dengan tampilan jam yg menarik & apabila kita membeli charger untuk meja maka akan terlihat seperti jam weker meja dengan tampilan digital.

Dimensi
Panjang : 112.5mm
Lebar : 62.2mm
Ketebalan : 13.95mm
Berat : Hanya 155g (tanpa baterai)

Memori
      Internal 1 GB dan dapat menambah memori eksternal menggunakan memori MicroSD™ sampai dengan 16 GB.


Spesifikasi lainnya:
- Quad-Band: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz GSM/GPRS/EDGE networks ;
- Single-Band: 2100 MHz UMTS/HSPA networks ;
- Voice Input/Output & ringtones ;
- 32 polyphonic - MIDI, MP3 ;
- Integrated speaker & microphone, hands-free headset capable, Bluetooth® headset capable, integrated hands-free speakerphone.


Kesimpulannya

Kelebihan

      Seperti yg dapat dilihat diatas Smartphone ini memiliki banyak keunggulan & sangat cocok untuk pengguna dari kalangan bisnis / profesional maupun pengguna umumnya.

Kekurangan
  • Untuk pengguna awam perlu mempelajari smartphone ini secara lebih mendalam dibandingkan BB tipe lainnya ;
  •  Harus melakukan upgrade firmware ke versi yg lebih tinggi, karena pada versi aslinya pengguna akan merasakan lag pada waktu mengetik & membuka aplikasi (software bisa didownload & diupgrade sendiri asalkan memiliki koneksi internet);
  • Software 3rd party yg tersedia masih sangat sedikit karena masih baru ;
  • Pada sisi layar touchscreen terlihat backlight karena smartphone ini dibuat dengan memiliki rongga disamping layar untuk memungkinkan user melakukan klik. Karena adanya rongga ini juga menyebabkan kotoran mungkin masuk ke bagian dalam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar